Header Ads

Header ADS

Arakan Jamba Warnai Pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau 2022

Arak-arakan jamba yang dibawa Bundo Kandung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mewarnai pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022.

Puluhan jamba dibawa oleh bundo kanduang dengan cara dijunjuang dan arak-arakan tersebut diiringi dengan Tambua Tansa yang dimainkan anak nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya.

Arak-arakan jamba tersebut dimulai dari gerbang masuk objek wisata Linggai Park menuju pusat acara di dalam objek wisata andalan di salngka Danau Maninjau itu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Disparpora Agam, Aliyas mengatakan, total jumlah jamba yang dibawa oleh Bundo Kanduang sebanyak 33 buah.

Dari 33 jamba tersebut, kata Aliyas, 26 jamba di antaranya dari OPD, satu jamba dari Kecamatan Tanjung Raya dan enam jamba dari utusan nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya. Parade arakan jamba merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari pertama pembukaan.

Dikatakan Aliyas, Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di objek wisata Linggai Park, Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Pembukaan juga dihadiri Bupati Agam, Andri Warman, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri dan pejabat dari Provinsi Sumbar serta Kabupaten Agam.

 Sumber : langgam.id

 

No comments

Powered by Blogger.