Header Ads

Header ADS

Viral Jam Gadang Fashion Week, Sandiaga Uno: `Onde Mande, Rancak Bana`

 

Fenomena Citayam Fashion Week membangkitkan tren serupa di berbagai daerah di Indonesia. Setelah muncul istilah Jurig Fashion Week di Bandung, Jawa Barat, kini tren serupa mulai berhembus ke wilayah Sumatera.

Di tanah Sumatera Barat, tepatnya Bukit Tinggi, muncul tren dan sempat viral di media sosial perhelatan yang disebut Jam Gadang Fashion Week yang disingkat JGFW.

Tampak para pemuda-pemudi menggunakan busana adat Sumatera Barat. Pada gadis minang ini memakai pakaian adat dengan beragam warna yang dipadukan dengan lambak atau sarung.

Tak lupa hiasan salempang yang menjadi ciri khas baju adat wanita minang. Dan yang ikonik adalah tingkuluak, penutup kepala yang menyerupai tanduk.

Aksi Jam Gadang Fashion Week ini mendapat perhatian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

" Onde mande rancak bana! Anak-anak muda urang awak ini memperkenalkan sekaligus melestarikan pakaian adat daerahnya dengan cara kekinian kepada generasi milenial dan Gen Z," tulis Sandiaga pada Instagram pribadinya @sandiuno.

Sandiaga menganggap ini adalah hal positif yang bisa menjadi inspirasi untuk daerah lainnya, semoga semakin menjamur ke daerah lainnya, menampilkan fesyen sesuai adat dan budaya daerahnya masing-masing.

Sumber : okezone.com

 

No comments

Powered by Blogger.