Header Ads

Header ADS

20 Tempat Wisata Sumbar Hits dan Instagramable yang Asik untuk Dikunjungi

  

Sumatra memiliki provinsi yang bentuk geografisnya sangat menarik, seperti dataran tinggi, dataran rendah, pantai, dan lautan yang jernih. Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang terletak di pesisir selatan pulau ini pun terdapat bangunan dan tradisi yang dapat memberikan pengetahuan sejarah dan budaya khas asli. Itulah yang menjadikan provinsi ini memiliki tempat wisata Sumbar yang berlimpah, apalagi wisata Sumbar yang lagi hits banyak pula ditemukan di kawasan ini.

Pengunjung dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau teman dekat di berbagai tempat wisata Sumbar 2021 ini. Banyaknya pilihan wisata Sumbar yang lagi hits takkan membuatmu bosan sama sekali. Sebab, kebanyakan wisata Sumbar ini menyediakan fasilitas yang tersedia oleh pengelola, misal penginapan dan transportasi untuk mencapainya.

Pemerintah setempat pun turut mendukung aktivitas wisata Sumbar ini, dengan memberlakukan undang-undang mengenai pariwisata untuk memperoleh devisa daerah dan negara. Sehingga, pengunjung yang datang dapat bersenang-senang sekaligus membantu pemerintah memperkuat perekonomian daerah maupun negara. Tempat wisata Sumbar 2021 yang menjadi destinasi unggulan di Indonesia ini juga memberikan keunikan tradisi dan kekhasan masakan di daerah ini, misal kerajinan dan rendang. Apalagi di Kota Padang, rendang dan kue lupis adalah makanan yang wajib dicoba oleh pengunjung selain keindahan alamnya.

Berikut ini tempat wisata Sumbar Hits dan Instagramable yang Asik untuk Dikunjungi:

1. Pantai Padang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini dikenal oleh orang asli Minangkabau sebagai Taplau atau Tapilawi. Pantai Padang pun telah bersolek menjadi destinasi wisata Sumbar 2021 yang wajib dikunjungi. Sebab, fasilitas di pantai ini sudah diperbarui dan Pantai Padang menjadi tempat wisata Sumbar yang cantik dengan beragam bunga yang tumbuh di sekitar pantai dekat Ramayana Plaza Andalas Pasar Raya Padang dan Jembatan Siti Nurbaya. Di sekitar pantai, banyak pula pedagang camilan dan masakan seafood yang dapat dicoba dengan harga yang dapat ditawar.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Wisata Sumbar yang lagi hits ini selalu memberikan pemandangan kota sekitar yang indah, apalagi pada sore hingga malam hari. Di tempat wisata Sumbar 2021 ini, terdapat pedagang yang menjual roti bakar, jagung bakar, dan aneka makanan lain yang rasanya nikmat.

3. Pantai Pasir Jambak

Wisata Sumbar yang lagi hits ini terletak di Tabing, 20 km dari pusat kota Padang. Pengunjung dapat mencapainya dengan berjalan ke arah jalan Padang Pariaman. Wisata Padang ini memiliki pantai berpasir putih yang luas dan melandai serta penuh dengan pepohonan kelapa.

Fasilitas di Pantai Pasir Jambak ini adalah area parkir, area hiburan, warung makan, homestay, gazebo, serta perahu sewa. Fasilitas tersebut dapat mendukung pengunjung selama beraktivitas di wisata Sumbar 2021 ini, misal berjemur, berenang, berlayar dengan perahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Akses menuju pantai ini dapat menggunakan angkutan umum dari kota atau taksi.

4. Pantai Nirwana

Wisata Sumbar yang lagi hits ini memiliki lautan dengan ombak yang tidak terlalu besar serta pantai berpasir putih yang landai, cocok bagi pengunjung untuk sekadar bermain air. Di wisata Sumbar 2021, terdapat pula pedagang yang menyajikan baso atau mi ayam pada sore hari. Pengunjung pun dapat mencapai Pantai Nirwana ini melalui Jalan Padang Pesisir Selatan yang terletak dekat Pelabuhan Teluk Bayur.

5. Pantai Air Manis

Wisata Sumbar yang lagi hits ini menawarkan dua manfaat sekaligus, antara lain pemandangannya yang bagus dan keunikan sejarah berupa batu Malin Kundang. Di tempat wisata Sumbar 2021 ini, pengunjung dapat turut menyaksikan langsung mitos masyarakat asli mengenai kisah anak durhaka pada ibu kandungnya yang dikutuk menjadi batu. Meski mitos, pelajaran berharga bahwa tidak boleh membantah dan durhaka pada orangtua patut diresapi. Pantai Air Manis atau Pantai Aie Manih terletak dekat Pelabuhan Teluk Bayur dari arah Pasar Raya.

6. Pulau Cubadak

Wisata Sumbar yang lagi hits ini terletak di Padang, yang merupakan surga bawah laut di kawasan Mandeh bagian selatan. Wisata Padang ini dikelola oleh investor Italia, yang menyediakan fasilitas perahu motor boat, snorkeling, dan masih banyak lagi.

7. Pulau Sikuai

Wisata Sumbar yang lagi hits ini menjadi destinasi wisata Padang yang memiliki pemandangan indah dan cocok bagi pengunjung yang ingin ketenangan alam. Pengunjung dapat mencapainya dengan perahu selama 35 menit.

8. Museum Adityawarman

Wisata Sumbar yang lagi hits ini berada di Jalan Diponegoro No: 10 Kota Padang, Sumatra Barat. Wisata Sumbar ini dibangun pada 1974 dan diresmikan pada Maret 1977, lalu museum ini dikenal sebagai Adityawarman pada Mei 1979. Nama tersebut diambil dari seorang raja besar yang berkuasa di Minangkabau semasa dengan Kerajaan Majapahit dengan patih Gajah Mada.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatra Barat, yang menyimpan dan melestarikan benda cagar budaya Minangkabau, Mentawai, dan Nusantara. Untuk menjaga kelestarian koleksi bersejarah, pemerintah setempat pun membentuk tim sebagai tenaga edukatif dan pustakawan.

9. Pantai Carolina

Wisata Sumbar yang lagi hits ini terletak di Teluk Bungus sekitar 25 km di selatan kota Padang yang dapat dicapai dengan taksi atau angkutan umum Jurusan Bungus. Fasilitas di tempat wisata 2021 ini adalah penginapan cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain, serta perahu boat sewa dan perahu nelayan. Perahu-perahu ini dapat digunakan sebagai transportasi untuk menyebrang ke pulau karang di depan pantai.

10. Miniatur Makkah

Wisata Sumbar yang lagi hits ini terletak di Lubuk Minturun, Padang. Pengunjung dapat melihat miniatur Ka`bah untuk berlatih menjalankan umroh atau haji, atau disebut sebagai manasik haji. Pengunjung pun dapat melihat hewan khas, antara lain unta, piton, dan ikan Arapaima.

11. Pemandian Lubuk Minturun

Wisata Sumbar yang lagi hits ini berupa tempat pemandian yang terletak di Lubuk Minturun, Padang. Wisata Sumbar 2021 ini pun memiliki pemandian di Lubuk Camin yang jaraknya jauh ke arah Pesantren Ar Risalah Padang.

12. Sitinjau Lauik

Wisata Sumbar yang lagi hits ini memiliki panorama malam yang unik, yang dapat dilihat dari ketinggian yang berlokasi di Jalan Lintas Padang Solok. Pengunjung pun dapat menikmati mi rebus atau kopi, layaknya puncak untuk sekadar menghangatkan tubuh sambil melihat keindahan panorama malam.

13. Air Terjun Tiga Tingkat Padang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini merupakan objek wisata air terjun yang paling indah di Padang. Air terjun Tiga Tingkat ini terletak di kawasan bukit Barusan dengan ketinggian 600 m dpl. Wisata Padang ini pun memiliki nama lain yaitu Air Terjun Lubuk Hitam, dengan tiga tingkatan yang menampilkan pemandangan yang sangat indah.

14. Lembah Anai

Wisata Sumbar yang lagi hits ini tepatnya terletak di tepi jalan raya Padang-Bukit Tinggi. Pengunjung dapat mencapainya melalui jalan yang menuju Bukit Tinggi.

15. Taman Siti Nurbaya/Gunung Padang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini merupakan bukit yang menjadi destinasi wisata. Tempat wisata Sumbar 2021 ini terletak di sebelah barat Jembatan Siti Nurbaya. Pemandangan sekitar taman mirip dengan bukit di film Doraemon. Di bukitnya, terdapat sebuah makam dalam goa yang diyakini sebagai makam Siti Nurbaya yang terkenal dalam kisah rakyat Minang.

16. Goa Ngalau Indah

Wisata Sumbar yang lagi hits ini terletak di kota Payakumbuh, dengan goa berdinding hijau yang berasal dari lumut yang tumbuh memenuhinya. Dalam goa, terdapat stalaktit dan stalagmit dan sekumpulan kelelawar yang tidur pada siang hari. Ada pula batu berbentuk gong dan mengeluarkan bunyi layaknya alat musik.

Tempat wisata Sumbar 2021 ini pun telah difasilitasi dengan tangga, jembatan, taman bermain, dan warung makanan. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan kota Payakumbuh. Goa Ngalau Indah tepatnya terletak di Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatra Barat.

17. Istana Pagaruyung Batusangkar

Wisata Sumbar yang lagi hits ini memiliki pemandangan sempurna mengenai kerajaan Minangkabau. Wisata Sumbar 2021 ini berupa rumah gadang yang dijadikan cagar budaya oleh masyarakat Minangkabau.

Dalam rumah gadang ini, terdapat artefak dan perkakas kerajaan antara lain 11 gonjong, 72 lantai, dan 3 lantai, serta ruang utama untuk putri yang sudah menikah. Wisata Sumbar 2021 ini pun sebenarnya adalah replika istana asli yang dibangun Raja Adityawarman pada 1347. Sebab, bangunan ini pernah terbakar berulang kali akibat serangan Belanda maupun petir.

Meski istana ini hanyalah replika, strukturnya dibuat persis dengan bangunan asli dan atapnya runcing khas wilayah ini. Wisata Sumbar ini tepatnya terletak di Jalan Sultan Alam Bagagarsyah, Batusangkar, Tanah Datar. Pengunjung dapat memasuki bangunan ini dengan biaya Rp7 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak, dengan waktu operasional Senin hingga Minggu pukul 10 pagi sampai 4 sore.

18. Nagari Pariangan

Wisata Sumbar yang hits ini memiliki spot fotografi yang sempurna. Wisata Sumbar 2021 ini tepatnya terletak di kaki gunung Marapi, dan Nagari Pariangan pun dinobatkan sebagai desa paling cantik di dunia oleh sebuah majalah internasional. Sebab, sekitar kawasan wisata seluas 18 km ini terdapat pepohonan rindang, persawahan di lembah, serta beragam rumah gadang yang apik.

Tak hanya itu, di area ini terdapat pula pemandian air panas untuk pengunjung yang ingin bersantai. Nagari Pariangan juga disebut sebagai desa tertua di Sumatra Barat, karena budaya Minangkabau diyakini berasal dari tempat ini. Di tempat wisata Sumbar ini pula, terdapat sawah Gadang Satampang yang dianggap sebagai situs warisan budaya. Akses menuju wisata Sumbar ini dapat ditempuh sekitar 13 km dari kota Batusangkar.

19. Kampung Wisata Kubu Gadang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini memiliki festival masa panen, dengan menampilkan aksi bela diri yang dilakukan di atas lumpur persawahan. Pengunjung dapat mencapainya selama 1,5 jam dari Padang.

Salah satu seni bela diri silat yang ditampilkan adalah Silek Lanyah, para petarung akan saling memukul dan menendang di atas adang berair dan penuh lumpur. Wisata Sumbar ini tepatnya di Jalan H. Miskin, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur dengan nomor yang dapat dihubungi 0852-6380-9321.

20. Hutan Lumut Singgalang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini berupa pepohonan hijau yang terkadang diselimuti kabut, layaknya set film The Lord of the Rings. Lumut yang ada pada wisata Sumbar 2021 ini tak hanya menutupi batang pohon, tapi juga dahan-dahannya sehingga makin tampak eksotis.

Sebenarnya Hutan Lumut Singgalang ini bukanlah objek wisata resmi, meski begitu kawasan yang menawan ini merupakan jalur yang dilewati untuk menuju Gunung Singgalang melalui perkampungan Pandai Sikek. Sehingga, pendaki biasanya beristirahat di tempat ini.

Sinyal akses 4G di area tersebut pun masih dapat dijangkau, sehingga pengunjung biasanya dapat mengunggah langsung foto uniknya. Pengunjung dapat mencapai Hutan Lumut Singgalang ini melalui tiga rute menuju Gunung Singgalang, yaitu Toboh, Balingka, dan Pandai Sikek. Namun, disarankan untuk menempuh jalur Pandai Sikek sebab jarak yang lebih dekat ke Padang dengan lamanya waktu 6 jam.

Itulah tempat wisata Sumbar yang lagi hits dan Instagramable yang asik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat merencanakan beberapa tempat wisata Sumbar yang ingin dikunjungi sebab beberapa tempat terletak berdekatan sehingga lebih hemat untuk bersenang-senang bersama keluarga ataupun teman dekat.


No comments

Powered by Blogger.