Header Ads

Header ADS

Pentingnya Empati untuk Memahami Perasaan Orang Lain

 

Pernahkah Anda merasa sedih saat melihat sahabat kehilangan orang yang dicintainya? Nah, hal inilah yang disebut sebagai empati. Membangun empati dalam diri akan membantu Anda membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

Apa itu empati?

Empati juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan, pikiran, serta pengalaman orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri. Dalam praktiknya, empati melibatkan pemahaman yang mendalam tentang emosi serta sudut pandang orang lain sehingga Anda bisa merasakan hal yang sama. Orang-orang yang berempati tinggi pada umumnya juga akan memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang tinggi.

Empati bukan suatu bakat, melainkan keterampilan yang bisa Anda pelajari dan kembangkan. Menumbuhkan hal ini akan sangat penting dalam menjaga hubungan harmonis.

Manfaat empati dalam kehidupan

Dengan memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain, Anda juga lebih mampu menempatkan diri pada posisi mereka dan melihat situasi dari sudut pandang mereka.

Empathy adalah kunci penting dalam membangun hubungan. Beberapa manfaatnya dalam kehidupan antara lain sebagai berikut.

Empathy adalah kunci penting dalam membangun hubungan. Beberapa manfaatnya dalam kehidupan antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan komunikasi

Umumnya, kualitas komunikasi akan meningkat bila Anda dapat menjadi pendengar yang baik, mengerti maksud dan tujuan orang lain, serta merespons secara tepat.

2. Membangun hubungan yang kuat

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships (2017) menunjukkan bahwa kemampuan berempati mampu memperkuat suatu hubungan romantis.

Tak hanya pada emosi negatif, berempati terhadap emosi positif seperti perasaan senang dan bahagia, berkaitan dengan kualitas hubungan yang lebih kuat.

3. Mengurangi konflik

Jika Anda dapat memahami perasaan dan melihat situasi dari sudut pandang orang lain, potensi munculnya konflik cenderung akan berkurang.

Berbekal empati, Anda mungkin lebih toleran, terbuka, serta mampu mencari solusi yang saling menguntungkan dari suatu permasalahan.

4. Meningkatkan kepemimpinan

Kemampuan berempati merupakan kunci penting dalam kepemimpinan yang efektif. Seorang pemimpin yang berempati tinggi lebih mampu memahami kebutuhan dari anggota timnya. 

Hal ini juga membantu dalam membangun ikatan tim yang kuat, memotivasi tim, dan mencapai hasil yang lebih baik bersama-sama.

5. Memperbaiki kesehatan mental

Penelitian yang dimuat dalam British Journal of General Practice (2013) menemukan pentingnya kemampuan berempati dalam konsultasi kesehatan dengan pasien.

Empati bisa menimbulkan efek positif pada kesehatan mental pasien, yang lantas mengurangi stres dan kecemasan yang cenderung dialaminya.

Sumber : hellosehat.com

No comments

Powered by Blogger.