Header Ads

Header ADS

Tak Perlu Melintasi Benua: Ada Alahan Panjang, Indahnya Minang Rasa Eropa!

 

Sensasi liburan ke destinasi wisata di wilayah Eropa yang identik dengan keindahan alam dengan hawa dingin dan sejuk, ternyata bisa juga kita jumpai di sejumlah wilayah di Indonesia, salah satunya ada di tanah Minangkabau atau Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Salah satu daerah wisata di Sumbar yang kerap dijuluki rasa Eropa adalah daerah Alahan Panjang. Destinasi wisata ini terletak di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Orang mengatakan kalau Kebun teh Alahan Panjang itu Eropa kecilnya Sumatra Barat. Keindahan kebun teh Alahan Panjang memang tak diragukan lagi. Bahkan sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda. Daerah ini kerap diidentikan dengan destinasi wisata Eropa, karena tidak terlepas dari kondisi hawa sejuk yang dimiliki.


Diketahui, Alahan Panjang berada di kaki Gunung Talang yang merupakan bagian dari gugus Bukit Barisan. Tepatnya berada di lereng bagian timur Kawasan Taman Nasional Kerinci dengan ketinggian 1400-1600 mdpl, berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Padang. Alahan Panjang terkenal sebagai daerah dengan suhu paling dingin di Sumbar.

Di Nagari Alahan Panjang yang suhunya sekitar 13 derajat celcius. Selama musim dingin suhu tertinggi harian rata-rata sekitar 22°C.

Pengunjung bisa menyusuri sejumlah lokasi di kebun teh Alahan Panjang dan akan dibuat terpukau dengan keindahannya karena kebun tersebut berdampingan dengan dua danau cantik atau danau kembar, yakni Danau Di Atas dan Danau Di Bawah, yang berada di sekitarnya. Disini terlihat jelas Gunung Talang yang indah sekali.

Puas menyusuri kebun teh, pengunjung pun bisa menepi ke salah satu kedai masyarakat setempat, di sekitar kebun teh untuk menyantap mie rebus panas dan teh danau kembar yang terkenal itu. Setelah itu pengunjung bisa meneruskan perjalanan ke Danau Talang. Di Danau Talang pengunjung bisa berenang untuk merasakan dan melihat langsung kejernihan air danau gunung api tersebut.

Selain ke kebun teh, pengunjung juga bisa mengunjungi Puncak Galaga, dari sini anda bisa melihat keindahan alam daerah Alahan Panjang dari ketinggian, dan juga terlihat jelas keindahan Danau Di Atas dan Danau Di Bawah

Sumber : padangkita.com

No comments

Powered by Blogger.