Header Ads

Header ADS

Wisata Pertanian di Lerang Gunung Sago: Sensasi Menginap di Pinggir Sawah

Jika ingin merasakan sensasi tinggal di perkampungan petani yang dikelilingi oleh hamparan sawah yang membentang luas, maka tak ada salahnya mengunjungi Jorong Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Nagari Sikabu-kabu, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Di sana pengunjung akan bisa merasakan nuansa alam nagari yang berada di lereng Gunung Sago.

Jorong Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Nagari Sikabu-kabu, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota berjarak hanya sekitar 10 kilometer atau sekitar 10 hingga 15 menit berkendara dari pusat Kota Payakumbuh.

Jorong yang berada di lereng Gunung Sago tersebut terkenal dengan udaranya yang sejuk dan memiliki keindahan alam khas. Apalagi kalau bukan suasana perkampungan petani nan asri dan siap menyambut siapa saja yang berkunjung ke daerah itu. Lokasinya yang berada jauh dari kebisingan kota, membuat banyak orang pergi ke sana untuk melepas penat dan letih dari segala aktivitas.

Di sana, terdapat sejumlah penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan jika ingin menginap dan merasakan sensasi tinggal di dekat hamparan hijaunya sawah masyarakat. Pengunjung bisa merasakan pengalaman nyata kehidupan di perkampungan.

Melihat petani mengolah lahan pertanian dengan kerbau untuk membajak sawah. Lalu, menunggang kuda sambil menikmati pemandangan alam dengan hawa sejuk pegunungan.

Di kawasan Jorong Sikabu-kabu itu, pengelola akan memberikan layanan berupa Full Experience, yang menjadi daya tarik sejumlah pengunjung mendatangi Nagari Sikabu-kabi Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak.

Datang, menikmati keindahan alam, berbaur dengan petani menunggang kuda melintasi perbukitan atau berkendara ria menggunakan kendaraan segala medan, All-terrain vehicle (ATV), menjadi salah satu tujuan pengunjung rela datang ke lokasi tersebut.

Pengunjung juga bisa berjalan kaki menyusuri perkampungan hingga menyusuri sungai kecil menuju sebuah air terjun di kaki Gunung Sago. Tidak cukup sehari untuk menikmati pesonanya. Pengunjung juga bisa menginap di rumah warga atau yang lebih menarik lagi menginap di pinggir hamparan sawah.

Salah satu yang menjadi favorit pengunjung mengunjungi Jorong Sikabu-kabu adalah adanya Camping Sawah. Kini banyak dinikmati keluarga-keluarga muda untuk memperkenalkan anak-anaknya pada alam dan kehidupan nyata di perkampungan petani.

Hanya saja bagi pengunjung yang akan menginap menggunakan fasilitas itu harus merencanakan kedatangan dan memberitahukan pengelola lebih awal. Pengunjung bisa menghubungi Ilham di nomor ponsel dan WA 082249958756.

Fasilitas camping aman, nyaman dengan fasilitas istimewa akan disediakan pengelola lengkap dengan paket yang dibutuhkan pengunjung. Seperti tenda, air bed, sleeping bag, sarapan hingga kebutuhan untuk api unggun saat malam hari.

Sumber : padek.jawapos.com

No comments

Powered by Blogger.