Header Ads

Header ADS

3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar Terbaik Nasional

 

Setelah melalui penilaian yang ketat, akhirnya tiga Desa Wisata (Dewi) Sumbar masuk 50 Besar Terbaik Nasional. Hal itu disampaikan Ketua Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata Sumbar, M Zuhrizul. Tiga Desa Wisata Sumbar yaitu Dewi Ulakan Kabupaten Padangpariaman, Dewi Pariangan Kabupaten Tanahdatar dan Dewi Silokek Kabupaten Sijunjung yang masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik Masional 2022.

Menurut Zuhrizul, anugerah ini adalah bonus atau apresiasi bagi desa wisata yang di anggap sudah siap dengan tujuh kategori penilaian desa wisata yang layak.

Dia menyebutkan tujuh kategori itu adalah bidang daya tarik wisata alam dan buatan, kesiapan homestay, kelembagaan badan pengelola, penerapan protokol kesehatan, ekonomi kreatif (ekraf) sebagai souvenir. Juga, kuliner, toilet yang bersih, IT desa digital dan konten-konten kreatif serta seni tradisi.

Ke depan semua potensi yang ada harus benar-benar digali terus. Sehingga menjadi paket desa wisata yang layak jual bagi calon wisatawan. Baik nusantara maupun mancanegara yang akan memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi nagari.

Aktivitas di desa wisata itu juga mengurangi pengangguran dan melestarikan alam. Termasuk, budaya dan nilai-nilai luhur peradaban kearifan lokal sebagai bahagian dari daya tari desa wisata. Desa wisata yang sukses bukanlah yang mendapatkan anugerah-anugerah tapi desa-desa wisata yang memberikan dampak terhadap ekonomi warga lokal, alam yang terjaga serta budaya yang lestari.

Zuhrizul menegaskan, suksesnya pariwisata Sumbar tidak terlepas dari kolaborasi pemerintah, kawan-kawan asosiasi pariwisata, pelaku usaha, komunitas/pokdarwis, akademisi, jurnalis/media dan peran anggota DPRD, baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang fokus supor kemajuan wisata Sumbar

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan bermunculan dan berkiprahnya desa wisata di Sumbar tak terlepas dari kehadiran Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2 Dewi) Sumbar yang diketuai M. Zuhrizul.

TP2Dewi yang dibentuk melalui SK Gubernur Nomor 556-127-2022 telah berkontribusi banyak terhadap Dewi yang ada di Sumbar, baik secara moril maupun materil. Ini terbukti dengan langsung terjunnya Tim TP2 Dewi dalam kesiapan pengembangan Dewi yang ada. Baik itu rintisan, berkembang, maju dan mandiri.
 
Sumber : padek.jawapos.com

No comments

Powered by Blogger.