Header Ads

Header ADS

Bahaya Begadang Bagi Ibu Hamil


Tak hanya pria, terkadang wanita juga terpaksa harus begadang karena beberapa alasan. Padahal, bahaya begadang bagi wanita disebut lebih besar ketimbang pria.

Begadang membuat kualitas tidur jadi berkurang drastis. Padahal, aktivitas tidur di malam hari jadi salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Wanita ditemukan lebih sering mengalami insomnia daripada pria. Jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan 67 persen wanita mengaku kerap begadang karena insomnia.

Perbedaan hormon dan ritme sirkadian antara pria dan wanita ditengarai menjadi salah satu penyebabnya. Hormon dapat secara langsung memengaruhi kualitas tidur. Umumnya wanita akan mengalami kesulitan untuk tertidur saat periode menstruasi, kehamilan, serta masa perimenopause dan menopause.

Sayangnya, risiko masalah kesehatan akibat kurang tidur pada perempuan juga ditemukan lebih besar daripada pria. Hal ini ditemukan dalam sejumlah penelitian.

Misalnya saja, para peneliti di Duke University Medical Center yang menemukan risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan depresi yang lebih tinggi pada perempuan yang kurang tidur dibanding pria.

Pola tidur yang sehat akan berdampak positif pada kebugaran tubuh secara menyeluruh.

Suarez mengatakan, pola tidur yang tidak sehat pada wanita berisiko memperpendek angka harapan hidup. Berikut beberapa bahaya begadang bagi wanita

1.Hipertensi

Wanita yang kurang tidur memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih tinggi daripada pria. Kadar ini menjadi salah satu penanda tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Diabetes tipe-2

Kurang tidur dapat mengganggu toleransi glukosa dan menempatkan wanita pada risiko diabetes tipe-2.
Studi yang dilakukan Suarez menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur cenderung memiliki kadar insulin dan gula darah yang lebih tinggi daripada pria.

3. Depresi

Tak hanya mengganggu pemikiran dan memori seseorang. Suarez mengatakan, kurang tidur pada wanita juga rentan memicu perasaan marah dan sedih atau depresi pada wanita.

4. Kenaikan berat badan

Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Artinya, bukan hal yang tak mungkin jika wanita mengalami kenaikan berat badan akibat kurang tidur. Kondisi ini, dalam penelitian Suarez, ditemukan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Sumber : alodokter.com

 

No comments

Powered by Blogger.