Header Ads

Header ADS

Terminal Anak Air Padang Dioperasikan Jelang Natal-Tahun Baru

 

Terminal Tipe A Anak Air Padang, Sumatera Barat mulai dioperasikan pada 22 Desember 2021 menjelang momentum Natal dan Tahun Baru 2022.

"Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) diwajibkan masuk ke terminal. Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga harus menyiapkan fasilitas untuk menaikkan penumpang di terminal," kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar, Kementerian Perhubungan, Deny Kusdyana di Padang.

Ia mengatakan ujicoba operasional terminal telah dilakukan pada Oktober 2021. Beberapa kendala dievaluasi dan segera disikapi diantaranya titik manuver bus yang sebelumnya agak sempit telah diperluas sehingga tidak ada persoalan.

Gerbang masuk yang relatif sempit juga sudah diperbaiki sehingga tidak menyulitkan bagi bus-bus besar untuk masuk ke terminal.

Selain itu kabel listrik dan telpon yang melintang di gerbang masuk juga sudah ditinggikan sehingga tidak khawatir tersangkut saat bus memasuki terminal.

"Semua kendala yang ditemui sudah kita perbaiki sehingga terminal bisa dioperasikan menjelang Natal-Tahun Baru 2022,” katanya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi calon penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan bus, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar, Kementerian Perhubungan juga menambah sejumlah mobiler.

"Tenan yang disediakan juga akan mulai beroperasi saat operasional terminal sehingga penumpang bisa berbelanja oleh-oleh sembari menunggu bus," ujarnya.

Pada tahap awal, akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk menjaga agar tidak terjadi kamacetan pada jalan menuju terminal yang masih terbilang sempit. Rekayasa tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak terkait.

"Sementara ini kebijakan untuk wajib masuk terminal masih untuk AKDP dan AKAP yang datang dari arah Bukittinggi. Bus dari arah Pesisir Selatan masih dalam pembahasan karena jarak tempuh yang cukup jauh dan adanya potensi kemacetan. Secepatnya kebijakan untuk bus dari rute ini akan kita carikan solusi," kata Deny.

Saat ini, katanya, bus trans padang menuju beberapa jurusan telah masuk ke terminal. Bus itu merupakan pilihan bagi penumpang yang turun di terminal untuk menuju lokasi tujuan.

"Jadwal keberangkatan bus trans padang ini setiap 5 menit jadi penumpang tidak akan lama menunggu," ujarnya.

Deny berharap dengan operasional terminal itu masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang telah menyerupai bandara baik dari fisik, pelayanan hingga fasilitas itu.  

Sumber : antarasumbar.com

No comments

Powered by Blogger.