Header Ads

Header ADS

Vina Panduwinata Kenang Almarhum Tante Lewat Single 'Perpisahan'

Nama Loka Manya Prawiro mungkin masih asing di telinga banyak orang. Sarjana lulusan Pepperdine University, California Amerika Serikat ini adalah sepupu dari Vina Panduwinata dan juga sekaligus seorang penulis lagu.

Tahun 1961 silam, Loka sempat merilis single Aku Makin Cinta yang dipopulerkan oleh Vina. Dan kali ini, setelah sekian lama, Loka kembali berkarya dan berkolaborasi dengan Vina lewat single terbaru bertajuk Perpisahan. Sesuai dengan judulnya latar belakang lagu ini merupakan kisah nyata tentang kesedihan Loka akan kepergian sosok ibunda tercinta.

Menurut Loka, Vina adalah penyanyi yang paling pas dari sisi emosional untuk membawakan membawakan lagu Perpisahan. Alasannya, Vina memang sangat dekat dengan ibu Loka alias sang tante.

"Lagu Perpisahan ini saya composed untuk mengenang ibu saya tercinta yang dipanggil Tuhan pada tanggal 18 November 2018 lalu. Suatu perpisahan yang sangat berat karena beliau adalah belahan jiwa saya. Seluruh hidup Vina pun dilalui bersama Ibu saya, untuk lagu perpisahan yang begitu dalam artinya buat ibu kita, hanya Vina yang layak membawakannya karena Vina merasakan kesedihan yang sama," ungkap Loka Prawiro dalam press rilis.

"Waktu itu Loka minta aku datang ke rumahnya dan dia kasih denger lagu yang dia ciptakan untuk mamanya dan dia minta aku yang menyanyikan lagu itu. Saat dengar lagu itu, wow dalam banget artinya lagu ini dan aku lihat dengan mata kepala sendiri pada diri Loka ada kesedihan yang sangat mendalam atas kehilangan ibunya. Aku merasa kesedihan itu benar-benar tertuang dalam lagu ini. Dan aku juga turut merasakan karena Mamanya Loka adalah tante aku," tambah Vina.

Selain Vina, lagu Perpisahan juga turut melbatkan beberapa nama musisi kondang, seperti Aminoto Kosin yang berperan sebagai produser dan music arranger, Rayendra Sunito sebagai drummer, Jamie Wilson sebagai guitarist, dan Budapest Scoring Orchestra.

Vina mengatakan saat rekaman lagu ini, sempat ada kendala karena kondisi suaranya yang sedang serak. Namun rupanya hal itu malah jadi elemen tak terduga yang turut menambah feel emosi dalam lagu ini.

"Iya, saat itu saya sempat minta ulang rekaman vokalnya karena suara saya sedang serak. Ternyata mereka menolak saat itu, menurut mereka suara serak saya itu tidak mengganggu sama sekali. Malah memberikan ekspresi dan membangun suasana yang tepat untuk lagu ini," ungkap Vina Panduwinata tentang proses rekamannya.

Lagu Perpisahan dirilis di bawah naungan label Musik Bagus Indonesia dan kreatif Bumi Management pada tanggal 29 Oktober 2021 lalu. Lagunya bisa kalian dengerin di seluruh digital musik platform yang tersedia. Loka pun berharap agar lagunya bisa jadi pengingat kepada kita semua untuk selalu menghargai waktu bersama orang-orang tersayang selama masiha da kesempatan.

Sumber : kapanlagi.com

No comments

Powered by Blogger.