Header Ads

Header ADS

Manfaat Ucapan Kata Terima Kasih Bagi Kesehatan Mental


7 Manfaat Ucapan Kata Terima Kasih Bagi Kesehatan Mental

Terima asih bukan hanya sekedar menghargai, atau membalas budi atas kebaikan orang lain. Maknanya lebih dari itu. Pasalnya, kebiasaan baik ini juga dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Beberapa manfaat ucapan terima kasih memang belum banyak diketahui orang. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Orang yang sering mengucapkan terima kasih merupakan sosok optimis. Perilaku tersebut dinilai mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kebiasaan yang sering dianggap remeh ini dapat membuat jantung menjadi lebih sehat, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

2. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Manfaat ucapan terima kasih selanjutnya adalah meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Pasangan yang saling berterima kasih, dinilai memiliki hubungan lebih kuat. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat masing-masing merasa lebih nyaman dan dihargai. 

3. Meningkatkan Produktivitas Seseorang

Jika kamu adalah atasan, rutin mengucapkan terima kasih pada karyawan mampu meningkatkan produktivitas mereka, lo. Ucapan yang terlihat sepele membuat karyawan merasa dihargai atas kerja kerasnya. Kebiasaan baik ini akan membuat seseorang termotivasi untuk bekerja lebih giat.

4. Meningkatkan Harga Diri Seseorang

Seperti penjelasan sebelumnya, terima kasih menjadi salah satu cara sederhana untuk bersyukur. Dengan menjadi orang yang penuh syukur, hal tersebut dapat meningkatkan self esteem atau membuat kamu lebih menghargai diri sendiri. Hal tersebut dapat mencegah kamu memiliki rasa iri hati atas keberhasilan orang lain.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Terima kasih bukan hanya menunjang kualitas hidup diri sendiri saja, tetapi juga orang lain. Diri sendiri juga terasa lebih percaya diri. Selain percaya diri, orang yang sering mengucapkan terima kasih dinilai lebih sabar, serta memiliki kemampuan dalam membuat keputusan. Bisa dibilang, hidup orang yang sering berterima kasih terasa lebih berarti.

6. Mencegah Depresi

Manfaat ucapan terima kasih selanjutnya adalah mencegah depresi. Ucapan tersebut dapat menurunkan kadar stres dan depresi dalam tubuh. Seseorang yang mendapat ucapan terima kasih juga merasa memiliki banyak dukungan dari orang lain.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur menjadi manfaat ucapan terima kasih yang terakhir. Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah lakukan sebelum tidur. Diawali dengan mengucapkan terimakasih pada diri sendiri karena sudah berhasil bertahan sejauh ini, dan kuat menghadapi berbagai cobaan hidup. Melakukan hal ini sebelum tidur dapat memicu perasaan tenang, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Itulah beberapa manfaat ucapan terima kasih. Jadi, biasakan untuk berterima kasih kepada siapapun, termasuk saat kamu dalam kondisi terburuk dalam hidup. Jika belum terbiasa, terima kasih dapat kamu utarakan setelah mendapatkan pertolongan-pertolongan kecil yang diberikan orang-orang terdekat.

Sumber : alodokter.com

No comments

Powered by Blogger.