Header Ads

Header ADS

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Penyakit Asam Urat

 

enelitian terbaru mengungkap manfaat anggur untuk kesehatan. Hasil studi menunjukkan anggur bermanfaat untuk usus dan sistem pencernaan serta menurunkan kolesterol jahat.

Peneliti dari UCLA ini menganalisis pengaruh konsumsi bubuk anggur pada kesehatan. Peneliti meminta partisipan untuk mengonsumsi 46 gram bubuk anggur setiap hari atau sekitar dua porsi anggur utuh.

Setelah empat minggu konsumsi anggur, peneliti mendapati penurunan kolesterol jahat atau LDL hingga 5,9 persen. Peneliti juga menemukan penurunan asam empedu total hingga 40,9 persen.

Lihat Juga :
[img-title]
8 Makanan Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Selain itu, peneliti juga menemukan keragaman mikrobioma di usus yang tumbuh secara signifikan. Mikrobioma usus dapat mencegah sakit perut dan iritasi usus. Selain itu, mikrobioma usus baik untuk mencegah penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan obesitas.

Studi juga menunjukkan mikrobioma usus yang sehat dan beragam juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Menurut peneliti, manfaat anggur ini didapatdari kandungan serat yang tinggi dan fitokimia yang disebut katekin. Katekin memiliki manfaat membantu peradangan dalam tubuh dan memicu perkembangan bakteri baik di usus.
Lihat Juga :
[img-title]
5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat, Selain Sembelit

"Kesimpulannya, konsumsi bubuk anggur secara signifikan mengubah mikrobioma usus dan metabolisme kolesterol atau asam empedu," tulis peneliti dalam abstrak studi mereka.

Peneliti menyarankan agar setiap orang bisa memasukkan anggur dalam menu harian untuk mendapatkan manfaat anggur bagi kesehatan.



(ptj)
#THIS_IS_EGYPT
00:00 / 00:04


Saksikan Video di Bawah Ini:
VIDEO: Tips Konsumsi Daging Tanpa Takut Kolesterol
Bagikan :
0 komentar
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
LIHAT SEMUA
InFashion
InFashion: Masking the Ox
Gaya Hidup
InFashion: Dandyism
Gaya Hidup
InFashion: Getaway
Gaya Hidup
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
TERPOPULER
7 Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Menurut WHO
Gaya Hidup • 3 jam yang lalu
FOTO: Kala Busana Hitam Dominan di American Music Awards 2021
Gaya Hidup • 1 jam yang lalu
FOTO: Deretan Seleb dengan Busana Terbaik di AMA 2021
Gaya Hidup • 40 menit yang lalu
3 Cara Meluapkan Perasaan dengan Positif, Tak Perlu Pakai Emosi
Gaya Hidup • 2 jam yang lalu


Baca artikel CNN Indonesia "Studi Ungkap Manfaat Anggur untuk Usus dan Turunkan Kolesterol" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211117153133-262-722493/studi-ungkap-manfaat-anggur-untuk-usus-dan-turunkan-kolesterol.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

 Air rebusan daun sirih cina punya khasiat luar biasa sebagai obat alami asam urat tinggi.

Diketahui daun sirih cina sendiri merupakan tanaman semusim yang memiliki batang berbentuk bulat, lunak, dan kaya akan air. Daun sirih cina berbentuk bulat telur, melebar dengan ujung lancip. Sedangkan, bunga sirih cina berbentuk bulir, tersusun dalam ramkaian, dan berwarna hijau.

Daun sirih cina alias suruhan mengandung alkaloid, tanin, saponin, polifenol, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri. Dimana kandungan tersebutlah yang membuat daun sirih cina ini efektif meredakan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin.

Cara mengolah Daun Sirih Cina :

- Sediakan daun sirih cina segar 30 gram dan ciplukan 30 gram.

- Cuci semua bahan sampai bersih lalu rebus dengan air 300 ml.

- Rebus sampai mendidih dan menyisakan air sekitar 150 ml.

- Lalu, kita dinginkan dan saring.

- Minum air rebusan dun sirih cina dua kali sehari secara rutin.

Sebaiknya, kita mulai menghindari makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi, agar penyakit asam urat ttinggi tidak kambuh lagi. Diketahui asam urat tinggi sering dikaitkan dengan kondisi yang disebut gout.

Dikutip dari Mayo Clinic (6/3/2021) dijelaskan bahwa penyakit asam urat termasuk bentuk radang sendi yang umum dan kompleks.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya nyeri yang tiba-tiba parah, bengkak, kemerahan, dan nyeri di satu atau lebih persendian. Biasanya sendi yang terkena asam urat akan memicu bengkak, terasa panas dan sangat sakit tidak tertahankan.

Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit kambuhan. Sehingga penderitanya bisa kembali terserang asam urat jika tidak mengindari pemicu penyakitnya.

Sumber : health.grid.id

No comments

Powered by Blogger.