Header Ads

Header ADS

Manfaat Tanaman Lidah Mertua yang Jarang Diketahui

 


Banyak tanaman yang ditempatkan secara strategis untuk dekorasi dan mempertahankan feng shui di rumah. Namun, tahukah Bunda bahwa beberapa tanaman yang sama juga memiliki manfaat bagi kesehatan?

Seperti halnya tanaman hias lidah mertua. Tanaman yang satu ini termasuk salah satu tanaman yang dikenal baik untuk penampilan dan dipercaya dapat meningkatkan kualitas udara.

Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh tanaman lidah mertua ini? Tanaman dengan nama ilmiah Dracaena trifasciata ini umumnya dikenal sebagai tanaman ular atau lidah mertua. Tanaman ini adalah salah satu spesies tanaman hias yang paling populer dan kuat.

Tanaman ini dapat bervariasi warnanya, meskipun banyak yang memiliki daun bergaris hijau dan memiliki batas kuning. Tanaman ini mudah tumbuh dan dalam banyak kasus, hampir tidak dapat dihancurkan.

Manfaat tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua adalah sukulen tangguh yang dapat tumbuh di mana saja, ukurannya antara 6 inci hingga beberapa kaki. Selain dapat memberikan suasana penghijauan, tanaman ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

1. Menyaring udara dalam ruangan

Sama seperti tanaman sukulen lainnya, tanaman ini dapat membantu menyaring udara dalam ruangan. Uniknya tanaman ini adalah salah satu dari sedikit tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikannya tanaman yang ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

2. Menghilangkan polutan beracun

Tanaman ini juga dikenal karena kemampuannya yang dapat membantu menghilangkan polutan udara beracun. Dalam kontribusi kecil, tanaman ini dapat menyerap polutan penyebab kanker.

Tanaman ini juga dapat menyerap dan membuang racun berbahaya. Selain itu lidah mertua juga dapat bertindak sebagai pertahanan yang efektif terhadap alergi udara.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Sementara manfaat tanaman dalam ruangan pada kesehatan mental masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Terapi hortikultura bahkan digunakan dalam perawatan kesehatan mental karena efek terapeutiknya.

Tanaman dalam ruangan dapat ditambahkan di tempat kerja, sekolah, dan fasilitas medis sebagai cara berbiaya rendah dan berisiko rendah untuk memperbaiki lingkungan ini.

4. Mudah dirawat

Tanaman ini adalah tanaman hias yang umum karena berbagai alasan. Salah satunya adalah perawatannya yang sangat mudah.

Tanaman lidah mertua dapat mentolerir naungan dan sinar matahari langsung, bawah air, angin, dan udara kering. Mereka juga tidak perlu sering direpoting dan hampir tidak pernah terinfeksi.

5. Efektif melawan alergi

Tanaman ini dapat membantu mengurangi dampak alergen di udara seperti debu dan bulu. Hal ini lantaran tanaman lidah mertua dapat melepaskan oksigen dan menambahkan kelembapan ke udara.

Kualitas udara dalam ruangan yang buruk bisa memicu banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan, seperti alergi dan asma.

6. Meningkatkan energi ruang, menurut feng shui

Tanaman ini dipercaya dapat menyerap energi negatif dan menghilangkan kepahitan. Shamshur menyarankan untuk menempatkan tanaman itu di ruangan di mana orang cenderung berdebat atau di dekat peralatan yang memancarkan radiasi berbahaya.

Sumber : kompas.com

No comments

Powered by Blogger.