Header Ads

Header ADS

Rekomendasi Wisata Indah di Sumatera Barat, Cocok untuk Hunting Foto

Panorama sebagai salah satu destinasi wisata yang menyajikan pemandangan indah dan luas, merupakan salah satu tempat yang paling sering diburu oleh wisatawan, termasuk bagi mereka yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Tak jarang orang-orang yang melakukan kunjungan wisata ke daerah ini hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam yang terbuka untuk meringankan pikiran dan mengabadikan moment melalui tangkapan layar handphone atau HP-nya.

Berikut beberapa tempat wisata dengan panorama indah di Sumatera Barat yang menyajikan keindahan dan bentang alamnya yang luas dan terbuka.

Panorama Bukit Batu Cancang

Panorama Bukit Batu Cancang merupakan salah satu destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam lereng perbukitan dan laut yang luas. Biasanya kaula muda mudi datang kesini untuk menikmati keindahan senja sembari menunggu keindahan matahari terbenam.

Panorama ini dinamakan Bukit Batu Cancang karena berada di area perbukitan yang tidak terlalu tinggi, sehingga anda bisa dengan mudah mengakses area menuju kesana. Untuk lokasinya sendiri berada di daerah Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berbatasan lansung dengan Sungai Pisang.

Tempat ini cocok untuk anda yang ingin wisata hemat atau berkantong tipis namun ingin mendapatkan pemandangan alam yang indah dan mengabadikannya melalui foto.

Panorama Puncak Pato

Panorama yang satu ini memiliki kemajuan yang semakin menawan karena dikelola dan dijaga dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Panorama Puncak Pato ini memiliki keindahan alam yang menyajikan pemandangan perbukitan yang asri dan masih hijau, serta dibumbui dengan hamparan sawah masyarakat yang indah. Udara disekitar area ini sangat sejuk bahkan dingin baik malam maupun siang hari. Karena area perbukitan masih banyak pepohonan, salah satunya pohon pinus.

Selain itu area ini juga merupakan tempat wisata sejarah, karena di puncak tersebut pernah ada peristiwa sejarah Minangkabau, yakni Sumpah Satiah Bukit Marapalam.

Panorama Puncak Pato sendiri berlokasi di Nagari Batu Bulek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Panorama Lereng Singgalang

Keindahan pemandangan alam yang disajikan oleh panorama Lereng Singgalang ini merupakan salah satu pemandangan alam terbaik di Sumatera Barat. Tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alam perbukitan dengan hamparan kebun masyarakat nan hijau dan sejuk, namun dari panorama ini anda juga bisa menikmati keindahan Kota Bukittinggi.

Di area panorama ini banyak sekali spot berfoto yang bisa anda manfaatkan, salah satunya adalah adanya Tugu Krap. Tugu Krap merupakan akronim dari Keluarga Rantau Pakan Sinayan. Nah, untuk menuju puncak tersebut, anda juga bisa menikmati sebuah jenjang yang dinamai Janjang Sajuta. Desain jenjang ini seringkali diidentikkan dengan tembok cina. 

Untuk lokasi panorama Lereng Singgalang sendiri berada di kawasan Gunung Singgalang tepatnya di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Panorama Kelok Lengkok

Bagi anda yang menginginkan suasana yang damai dan sejuk, Panorama Kelok Lengkok yang berada di Kabupaten Agam ini merupakan salah satu tempat yang harus anda kunjungi. Panorama Kelok Lengkok ini akan menyuguhkan bentang alam hamparan sawah yang luas bak permadani yang membentang di depan mata. Tak hanya hamparan sawah yang luas, di penghujung pandang juga pemandangan dua gunung yang gagah perkasa di Sumatera Barat, yakni Gunung Merapi dan Gunung Singgalang yang saling berhadapan, dan ditengahnya terdapat deretan bukit barisan.

Keindahan pemandangan alam yang disajikan oleh panorama Lereng Singgalang ini merupakan salah satu pemandangan alam terbaik di Sumatera Barat. Tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alam perbukitan dengan hamparan kebun masyarakat nan hijau dan sejuk, namun dari panorama ini anda juga bisa menikmati keindahan Kota Bukittinggi. Di area panorama ini banyak sekali spot berfoto yang bisa anda manfaatkan, salah satunya adalah adanya Tugu Krap. Tugu Krap merupakan akronim dari Keluarga Rantau Pakan Sinayan.

Nah, untuk menuju puncak tersebut, anda juga bisa menikmati sebuah jenjang yang dinamai Janjang Sajuta. Desain jenjang ini seringkali diidentikkan dengan tembok cina. 

Untuk lokasi panorama Lereng Singgalang sendiri berada di kawasan Gunung Singgalang tepatnya di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Panorama Bukik Sakura

Panorama Bukik Sakura akhir-akhir ini menjadi salah satu objek wisata andalan masyarakat Agam, sebab keindahan alam yang disuguhkan dari panorama ini begitu indah dan asri. Melalui Panorama ini anda bisa menikmati pemandangan alam perbukitan dan keindahan danau maninjau dari ketinggian kurang lebih 1100 Mdpl. Selain itu, objek wisata Panorama Bukik Sakura ini sudah mengalami perkembangan yang cukup baik, karena sudah dikelola dan dirawat dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan alam danau maninjau dari ketinggian, panorama Bukik Sakura ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Untuk lokasi panorama Bukik Sakura ini berada di Jorong Data, Nagari Baringin, Kecamatan Pelembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Panorama Kayu Kolek

Salah satu Panorama terbaik di Kabupaten Lima Puluh Kota ini merupakan Panorama yang menyuguhkan keindahan alam perbukitan, bentang area persawahan serta keindahan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasinya yang strategis, menjadikan Panorama Kayu Kolek ini menjadi salah satu tujuan rekreasi masyarakat untuk menghilangkan penat.

Di lokasi anda juga bisa berkemah bahkan menikmati fasilitas Glamping yang tersedia. Sehingga anda bisa merasakan keindahan gemerlap lampu-lampu kota saat malam hari dan paginya menikmati kesejukan alam yang ada disana.

Lokasi dari Panorama Kayu Kolek sendiri berada di Jorong Sikabu-kabu, Nagari Tanjung Haro Sikabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Panorama Kubua Jawi

Jika anda bosan melihat gelombang air laut, maka anda bisa datang ke Panorama Kubua Jawi untuk menyaksikan lautan awan yang sangat luas dan indah. Meskipun fenomena ini tidak terjadi sepanjang waktu, namun jika anda beruntung, maka anda bisa menikmati secangkir kopi dan makanan yang disediakan pada cafe dan resto di sana sambil menyaksikan ombak awan yang menawan.

Nama Panorama Kubua Jawi sendiri tercipta karena konon katanya di daerah ini dulunya, merupakan kuburan sapi-sapi peternakan masyarakat yang telah mati.

Untuk lokasi Panorama Kubua Jawi sendiri berada di Jorong Subaladuang, Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Panorama Batu Nobita

Jika biasanya anda menikmati senja di pinggir pantai Kota Padang, maka anda bisa mencoba menikmati senja yang sangat indah dari Bukit Nobita. Keindahan yang disajikan dari Bukit Nobita ini saat senja hari adalah pemandangan gemerlap lampu Kota Pandang dan laut yang begitu luas dan indah.  Anda bisa mendapatkan foto-foto terbaik saat matahari terbenam dari spot-spot foto menarik yang tersedia di sekitar bukit Nobita tersebut.

Bukit ini dinamakan Bukit Nobita sebab terinspirasi dari sebuah bukit yang ada di serial cartoon Doraemon. Lokasi Panorama Bukit Nobita sendiri ada di Kelurahan Kampuang Jua, Kecamatan Lubuak Begaluang, Kota Padang, Sumatera Barat.

Panorama Puncak Mandeh

Nah, destinasi wisata yang satu ini beberapa tahun terakhir menjadi objek wisata unggulan di Sumatera Barat, sebab keindahan alam yang disajikan di kawasan sekitar Puncak Mandeh tidak kalah menarik dari Raja Ampat yang ada di Papua. Pemandangan alam yang disajikan dari panorama Puncak Mandeh ini adalah keindahan teluk dan laut yang biru dengan hamparan pulau-pulau kecil yang mengitarinya.

 Dengan keindahan yang ada tersebut, seringkali wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk berburu foto terbaik. Keindahan yang ada akan semakin indah disaat senja hari sembari menunggu matahari terbenam.

Untuk lokasi Panorama Puncak Mandeh sendiri berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. berjarak sekitar 56 km atau sekitar 1,5 jam dari Kota Padang.

Panorama Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah)

Terakhir adalah Panorama Danau Kembar yang seringkali diidentikan dengan keindahan alam di kawasan Danau Lucerne di Swiss. Suasana sejuk dan asri dari panorama sambil menyaksikan keindahan danau yang dikelilingi dengan area perkebunan dan pemukiman masyarakat membuat pengunjung betah. Disini anda juga bisa menikmati wisata perkemahan mewah atau Glamping sembari menikmati alam yang ada di sekitar wilayah Danau.

Untuk Lokasi wisata Panorama Danau Kembar ini ada di Kawasan Danau Kembar, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata Panorama alam yang indah di Sumatera Barat. Jika anda sedang berada di Sumatera Barat atau berencana kesana, maka Panorama-Panorama di atas wajib untuk anda kunjungi.

Sumber : harianhaluan.com

No comments

Powered by Blogger.