Header Ads

Header ADS

Minum Soda Dapat Melancarkan Darah Haid, Mitos atau Fakta?

  

Banyak orang menganggap salah satu cara untuk membuat darah haid lebih deras yaitu dengan minum soda. Apakah minum soda saat haid dapat membuat darah yang keluar lebih cepat atau semakin lancar? Berikut adalah penjelasannya.

 

Minum soda saat haid melancarkan darah?

Sebagian besar wanita mempunyai jadwal atau siklus menstruasi yang berbeda-beda setiap bulannya.

Rata-rata wanita mengeluarkan 2 – 3 sendok makan darah selama menstruasi. Aliran darah yang keluar pun mungkin bisa lebih ringan atau malah lebih deras. Tak sedikit wanita yang menganggap minum soda dapat melancarkan darah yang keluar sehingga haid pun lebih cepat selesai.

Maka dari itu, tak jarang ada pula wanita yang mencoba melancarkan haid dengan minum soda agar darah yang keluar lebih banyak sehingga tidak perlu berlama-lama. Padahal, hingga kini belum ada penelitian medis yang membuktikan hal tersebut benar adanya.

 

Hal ini yang membuat wanita sebaiknya lebih berhati-hati apabila sudah terbiasa melakukannya karena belum diketahui apa efek jangka panjangnya.

Efek soda untuk kesehatan wanita

Umumnya, minuman soda tergolong tidak baik untuk kesehatan karena mengandung gula yang cukup tinggi. Tidak hanya saat menstruasi, mengonsumsi terlalu banyak soda juga dapat mengakibatkan Anda mengalami obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Pada wanita, terlalu sering minum soda juga dapat memengaruhi kesuburan termasuk bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Minuman soda mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi sehingga berkaitan dengan penurunan kesuburan pria dan wanita.

 

Selain itu, mengutip dari Healthcare University of Utah bahwa minuman soda juga kemungkinan dapat memengaruhi kadar estrogen wanita. Peningkatan kadar hormon estrogen ini bisa mengakibatkan perubahan hormon, menghentikan ovulasi, serta efek jangka panjang lainnya yang masih perlu diteliti kembali. Lalu, kandungan kafein yang cukup tinggi juga mungkin bisa membuat Anda merasakan efek dari minum soda saat haid seperti kram perut, kembung, hingga sakit kepala.

Menghilangkan atau mengurangi kebiasaan minum soda mungkin bermanfaat untuk kesehatan secara umum dan bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan selama menstruasi.

Apa faktor yang membuat darah haid lancar?

Daripada membiasakan diri minum soda saat sedang haid, tidak ada salahnya untuk beralih pada kebiasaan yang lebih memberikan manfaat untuk tubuh Anda. Apalagi, saat menstruasi terjadi perubahan hormonal yang membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan haid selain dengan minum soda.

1. Olahraga ringan

Olahraga ringan saat menstruasi dapat membantu Anda merelaksasi tubuh serta mengendurkan otot sehingga haid lebih lancar dari biasanya.

Coba untuk hindari dahulu melakukan olahraga berat serta minum soda saat haid untuk menjaga keseimbangan produksi hormon.

2. Mengganti alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi dapat memengaruhi ovulasi serta siklus menstruasi Anda. Sebagian besar wanita yang menggunakan pil KB serta spiral mengalami haid tidak lancar.

Untuk memperlancar haid, cobalah untuk mengganti alat kontrasepsi Anda dengan jenis yang lain. Konsultasikan ke dokter agar mendapat saran terbaik.

3. Pola hidup sehat

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi sehingga lebih teratur serta darah yang keluar pun lebih lancar.

Ternyata, berat badan yang terlalu rendah atau obesitas dapat mengakibatkan menstruasi tidak teratur hingga tidak keluar sama sekali. Pada kondisi berat badan rendah, hal ini terjadi karena tubuh tidak mempunyai lemak untuk memproduksi hormon.

Anda mungkin merasa tenang apabila saat menstruasi, darah yang keluar dari tubuh tergolong lancar. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati jika darah haid keluar secara berlebihan. Apalagi, kalau hal tersebut bukan terjadi karena minum soda saat haid.

Kondisi yang dalam dunia medis disebut sebagai menorrhagia ini kemungkinan bisa membuat aktivitas harian pun terganggu. Bahkan, Anda juga perlu mengganti pembalut setiap 2 jam sekali.

Konsultasikan dengan dokter mengenai asupan yang baik untuk tubuh saat menstruasi.

Begitu juga ketika Anda terlalu sering minum soda yang bisa mengakibatkan perubahan siklus menstruasi. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes kesehatan tertentu sebelum menentukan pengobatan paling tepat.

Sumber : hellosehat.com

No comments

Powered by Blogger.