Header Ads

Header ADS

Jangan Abaikan Rasa Murung, Bisa Jadi Gejala Depresi

 

Suasana hati yang tak menentu atau sedang memikirkan sesuatu yang berat akan membuat seseorang menjadi murung. Jika selama satu-dua hari perasaan masgul itu tak enyah juga, Anda atau orang-orang di sekitar patut waspada. Sebab, jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, bukan tidak mungkin orang tersebut mengalami depresi.

Depresi dapat disebabkan berbagai alasan dan sering para ahli sekalipun tidak mampu menentukan penyebabnya. Meski begitu, beberapa penyebab depresi yang paling umum meliputi tekanan kerja, ketidakseimbangan kimia di otak, hubungan yang disertai tindakan kekerasan, putus asmara, keluarga yang tidak harmonis, rendah diri, dan lain-lain.

Kadang-kadang, depresi juga bisa menjadi efek samping dari penyakit tertentu yang lebih serius, seperti skizofrenia dan gangguan bipolar. Depresi, apabila dibiarkan dan tidak diobati, dalam jangka waktu yang panjang bisa berbahaya, karena penderitanya memiliki kecenderungan melakukan bunuh diri. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang depresi yang perlu Anda ketahui.

Fakta #1
Banyak orang beranggapan depresi hanyalah sebuah fase yang akan hilang dengan sendirinya, seiring berjalannya waktu. Namun, sebenarnya depresi adalah penyakit mental yang sangat serius yang memerlukan perawatan tepat.

Fakta #2
Obat anti-depresan hanya bersifat sementara. Jadi, penting untuk memahami jiwa penderita dengan cara yang lebih dalam untuk perawatan jangka panjang.

Fakta #3
Depresi dapat dialami oleh orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin, dan kondisi ini memerlukan perhatian medis.

Sumber : halodoc.com

No comments

Powered by Blogger.