Header Ads

Header ADS

Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan Ibu Hamil

 

Punya rasa asam, manis, dan menyegarkan, memang paling enak makan buah kiwi saat cuaca sedang terik. Selain rasanya yang enak, manfaat buah kiwi juga banyak, termasuk bagi kesehatan ibu hamil. 

Buah kiwi disebut juga gooseberry Cina, karena buah ini berasal dari negara tersebut. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah kiwi sangat banyak. Menjadikannya buah yang menyehatkan tubuh. 

Manfaat Buah Kiwi bagi Ibu Hamil

Buah kiwi memiliki cita rasa tropis, tidak mengandung kolesterol, serta rendah gula dan lemak. Buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil, yang butuh banyak nutrisi. 

Satu buah kiwi berukuran sedang atau sekitar 69 gram mengandung 42,1 kalori, 0,3 gram lemak, 10 gram karbohidrat, 2 gram serat makanan, 64 miligram vitamin C, 17,2 mikrogram folat, dan 27,8 mikrogram vitamin K. 

Biji buah kiwi juga mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 , dan daging buahnya mengandung karotenoid, termasuk provitamin A, beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan ibu hamil:

  1. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif janin. Ini membantu mengembangkan otak serta sistem saraf dan mencegah cacat saraf pada bayi yang belum lahir. 

Asam folat juga merupakan nutrisi penting untuk pembentukan dan pemeliharaan sel, serta perkembangan organ vital bayi. Mengonsumsi buah kiwi selama fase awal kehamilan juga akan mengurangi risiko keguguran.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain dari buah kiwi bagi ibu hamil adalah melancarkan pencernaan. Serat makanan dalam buah kiwi dapat membantu melunakkan feses dan melancarkan buang air besar. Ini juga mencegah sembelit, meredakan kembung, dan sakit perut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan dan Energi 

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan dan menawarkan perlindungan dari radikal bebas dan alergi. Ini juga meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah 

Kiwi adalah buah dengan indeks glikemik yang rendah dan merupakan pilihan yang baik jika ibu hamil mengidap diabetes gestasional. Dalam 100 gram buah kiwi hanya mengandung sekitar 5 gram atau satu sendok teh gula. Oleh karena itu, ibu tidak akan mengalami peningkatan gula sehingga menjaga diabetes tetap terkendali.

  1. Membantu Penyembuhan Luka dan Menyehatkan Tulang

Vitamin K dalam buah kiwi dapat membantu pembekuan darah secara normal. Ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan juga penting untuk kesehatan tulang.

  1. Mencegah Anemia

Janin yang sedang berkembang membutuhkan zat besi ekstra yang dapat meningkatkan risiko anemia pada ibu. Vitamin C dalam buah kiwi dapat memfasilitasi penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan kaya zat besi.

Hati-Hati, Jangan Berlebihan Mengonsumsinya

Buah kiwi mengandung nutrisi penting dan manfaat untuk ibu hamil. Ini berarti ibu dapat memasukkannya ke dalam menu sehari-hari tanpa khawatir. Setidaknya mengonsumsi dua buah kiwi (satu porsi) setiap hari cukup untuk kehamilan yang sehat dan aman. 

Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan harus dihindari, karena ada banyak risiko yang mengintai. Meski reaksi alergi terhadap buah ini jarang terjadi, seseorang mungkin mengalaminya atau mungkin mengonsumsinya sampai pada titik di mana efeknya negatif. 

Beberapa efek samping buah kiwi berlebihan untuk ibu hamil adalah:

  • Asma, ruam, gatal-gatal dan alergi lateks.
  • Luka dan ruam di mulut atau lidah.
  • Diare, mual, dan muntah.
  • Infeksi kulit.

Sumber : halodoc.com

No comments

Powered by Blogger.