Header Ads

Header ADS

Harga daging ayam dan tomat naik di Solok Selatan

Harga dua macam kebutuhan pokok yaitu daging ayam broiler dan tomat naik di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Rabu, 22-6-2022

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Solok Selatan Admi Zulkhairi, di Padang Aro, mengatakan, harga daging ayam broiler naik dari Rp65 ribu menjadi Rp75 ribu per ekor sedangkan tomat dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah keriting yang beberapa minggu ini naik sekarang bertahan Rp80 ribu per kilogram.

Dia menjelaskan, harga cabai masih tinggi karena kurangnya pasokan dari petani dan walaupun masih tinggi tetapi masih terjangkau oleh pembeli. Harga cabai merah masih cukup rendah dibanding dengan daerah lain sebab ada beberapa petani di Solok Selatan yang panen.

Harga cabai merah yang cukup tinggi, hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia dan bukan hanya Solok Selatan saja. Dengan meratanya harga cabai merah yang tinggi mekanisme operasi pasar kurang efektif untuk menekan harga sebab kalau dipaksakan maka pedagang akan menjualnya keluar daerah sehingga bisa berdampak kelangkaan stok.

Kepala seksi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan May Rizki mengatakan, kenaikan harga cabai merah keriting merata di wilayah Indonesia karena beberapa faktor seperti gagal panen dan harga pestisida mahal.

"Belum ada rencana operasi pasar dan kami masih koordinasi dengan Provinsi," ujarnya.


Sumber : antarasumbar.com

No comments

Powered by Blogger.