Header Ads

Header ADS

Dua Bunga Langka Rafflesia Arnoldii Mekar di Cagar Alam Batang Palupuah

 

Dua buah Bunga Rafflesia Arnoldii mekar di Cagar Alam Batang Palupuah, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Selasa (15/3/2022). Joni Hartono, pemerhati bunga Rafflesia menuturkan, bunga langka itu mekar semenjak dua hari yang lalu. Bunga yang pertama mekar dua hari yang lalu, yang kedua dari kemarin sudah mulai mekar, hari ini sudah mekar sempurna.

Ia mengatakan, daerah mekarnya Rafflesia tersebut sudah dilindungi dan ditetapkan menjadi cagar alam semenjak era kolonialisasi Belanda. Hingga saat ini, sudah ribuan Bunga Raflesia yang diketahui pernah mekar di Cagar Alam Batang Palupuah.

"Cagar Alam ini sudah dari tahun 1932. Sampai sekarang sudah ribuan yang mekar. Kalau dilihat sekarang ada 25 buah bunga yang akan mekar dalam waltu 4-5 bulan kedepan," tuturnya.

Di Jorong Batang Palupuah sendiri, saat ini ada lima titik lokasi yang ditumbuhi Bunga Rafflesia Arnoldii.

Selaian Bunga Rafflesia Arnoldii, di Cagar Alam Batang Palupuah juga tumbuh bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanum, Amorphophallus Gigas, Amorphophallus Prainii dan Amorphophallus Beccarii serta bunga langka Rhizanthes yang memiliki kemiripan dengan Rafflesia namun berbeda jenis.

Lokasi tumbuhnya beraneka ragam tanaman langka itu, berada tidak jauh dari pemukiman masyarakat. Namun, terjaganya daerah hutan di Batang Palupuah membuat tumbuhan langka tumbuh subur di lokasi tersebut.

Karena itu, hingga saat ini masih banyak pengunjung yang datang dari luar daerah, bahkan turis mancanegara. Bahkan, beberapa turis asing datang khusus untuk menyaksikan mekarnya bunga langka yang hanya tumbuh di Asia Tenggara itu. 

Sumber : harianhaluan.com

 

 

No comments

Powered by Blogger.