Header Ads

Header ADS

Sumbar Pengekspor Gambir Terbesar di Indonesia, Tapi Petaninya Masih Miskin

 

Provinsi Sumatra Barat adalah daerah penyumbang ekspor gambir terbesar di Indonesia, mencapai 80 persen. Namun, kuantitas tersebut tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan sebagian besar petani gambir. Diperlukan regulasi khusus guna revitalisasi tata kelola gambir, percepatan hilirisasi dan pengaturan harga yang memihak pada petani.

Demikian terungkap saat audiensi Asosiasi Petani Gambir Pesisir Selatan (APG Pessel) dengan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah.

Kepada Gubernur Mahyeldi, inisiator APG Pessel, Asril Encik menyampaikan beberapa catatan penting yang harus menjadi perhatian. Pertama, masih terkendalanya percepatan hilirisasi industri gambir. Bahkan sudah terjadi hulurisasi produksi gambir dengan dijualnya daun gambir oleh petani kepada pengusaha gambir.

Kedua, perlunya pengaturan tata niaga atau perdagangan gambir yang terindikasi sudah masuk dalam kategori monopoli dan kartel. Ketiga, peningkatan kualitas produksi. Keempat, belum ditetapkannya harga dasar, yang sesuai dengan nilai nominal jerih payah petani dan tidak memenuhi besarnya biaya kebutuhan dasar, sesuai dengan kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Sumber : padangkita.com

No comments

Powered by Blogger.