Header Ads

Header ADS

Akses Menuju Exit Tol Dharmasraya-Rengat, Solok Selatan Potensi Hadapi Serbuan Wisatawan

 

Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan Kabupaten Solok Selatan (Solsel) berpotensi menghadapi serbuan kunjungan wisatawan Nusantara (Wisnu). Hal ini sekaitan dengan akses jalan yang bakal terhubung dengan jalur lintas tengah Sumatera di jalur exit tol Dharmasraya-Rengat di Sungai Rumbai. Pasalnya, jalur ini bakal mempersingkat jarak tempuh dan konektivitas masyarakat lintas provinsi dari Jambi dan Riau menuju Solsel.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar, Doni Hendra mengatakan dia melihat upaya dari Pemkab Solses untuk mewujudkan konektivitas jalur ke exit di Dharmasraya sangat bagus. Solses memiliki pangsa pasar Wisnu dari Provinsi Jambi dan Riau terutama objek wisata yang ada di kabupaten ini. Akses jalan yang bagus dan lancar merupakan salah satu dari tiga konsep prioritas dalam pariwisata. Jika ini sudah terwujud maka dampaknya sangat bagus dan Solsel  bakal diserbu kunjungan Wisnu.

Menurutnya, ada tiga konsep yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, yakni: atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Amenitas adalah fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, rest area dan lainnya.

Pihaknya mengaku bahwa Pemprov Sumbar telah menetapkan 19 Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) yang tersebar di tiap kabupaten/kota yang ada di ranah Minang. Penetapan tersebut melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar Nomor: 556-575-2021 tahun 2021.

Solsel ada objek wisata kawasan Saribu Rumah Gadang dan objek wisata Goa Batu Kapal serta bebera objek lainnya yang begitu memesona.urat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar Nomor: 556-575-2021 tahun 2021.

Sumber : harianhaluan.com

No comments

Powered by Blogger.