Header Ads

Header ADS

Tingkatkan Kemampuan Pencari Kerja, BLK Pasbar Segera Diaktifkan

 

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat segera mengaktifkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan kemampuan para pencari kerja di daerah itu.

"Awal atau pertengahan tahun ini segera kita aktifkan dengan memberikan pelatihan bagi para pencari kerja," kata Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen di Simpang Empat.

Ia mengatakan untuk tahap awal pihaknya menyediakan pelatihan kelistrikan dan perbengkelan sepeda motor. Untuk peserta hanya 16 orang yang mengikuti pelatihan kelistrikan dan 16 orang perbengkelan.
Untuk tahap awal, pihaknya nanti akan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ada di sekitar Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Pasaman.

Bagi yang berminat nanti bisa mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja dan melalui aplikasi BK Plus yang di dalamnya nanti ada info lowongan kerja dan info pelatihan. Nanti instrukturnya didatangkan dari BLK Kota Padang. Pelatihan itu gratis dan peserta dapat uang transportasi serta dapat sertifikat keahlian.

Menurutnya pelatihan untuk tahap awal ini baru untuk dua jenis pelatihan itu dengan menyediakan sarana perbengkelan. Tentu dengan harapan peserta nanti memiliki keahlian dan bisa meningkatkan kemampuan dalam mencari kerja.

Ia berharap kedepannya banyak lagi bidang pelatihan yang akan diadakan seperti pelatihan keahlian satpam, menjahit dan lainnya. Saat ini kita masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Sumbar agar BLK ini segera diaktifkan dan pemerintah pusat bisa memberikan peluang pelatihan di bidang lainnya. 

Sumber : antarasumbar.com

No comments

Powered by Blogger.