Frustasi merupakan kondisi yang berhubungan dengan stres dan rasa putus asa. Kondisi ini biasanya terjadi akibat ketidaksesuaian antara harapan dengan realita. Faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa frustasi antara lain kegagalan yang terus berulang, situasi kerja yang membuat stres, kondisi lingkungan yang tidak nyaman, serta keinginan yang terlalu tinggi.

Beragam Cara Mengelola Rasa Frustasi

Munculnya rasa frustasi erat kaitannya dengan kemampuan menorelansi kegagalan atau keinginan yang tidak tercapai. Seiring bertambahnya usia, umumnya kemampuan untuk menoleransi dan menyiasati kegagalan yang terjadi dalam kehidupan akan meningkat. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk mengelola rasa frustasi akibat kegagalan ini.

Oleh karenanya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola rasa frustasi yang sedang dialami, yaitu:

1. Tenangkan diri

Menenangkan diri merupakan cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa frustasi. Anda bisa menghela napas panjang dan menghembuskannya secara perlahan-lahan. Cara ini dapat membantu Anda untuk lebih tenang dan membuat tubuh lebih rileks.

2. Bercerita kepada orang lain

Bercerita kepada orang yang dapat dipercaya merupakan cara yang dapat dilakukan ketika ada yang mengganggu pikiran atau hal yang membuat Anda kecewa dan frustasi. Dengan bercerita, Anda dapat berbagi perasaan tersebut dengan seseorang, dan bukan hanya memendam rasa frustasi itu sendiri.

3. Berbicara lantang kepada diri sendiri

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengelola rasa frustasi adalah dengan berbicara lantang dan meyakinkan diri bahwa semua akan baik-baik saja. Bila perlu, rekam perasaan kecewa, sedih, dan frustasi yang Anda alami, serta sampaikan hal-hal positif yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya. Cara ini akan membantu Anda mendengar perasaan Anda sekaligus memberikan keyakinan bahwa Anda bisa melaluinya.

4. Cari tahu penyebab frustasi

Mencari tahu penyebab frustasi dan menemukan solusinya merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa frustasi. Selain itu, Anda juga bisa membuat daftar segala sesuatu yang mengganggu pikiran Anda, kemudian tentukan mana yang bisa diperbaiki atau diubah. Catat pula pilihan solusi untuk memperbaikinya.

5. Jangan terlalu memikirkannya

Berusahalah untuk mengalihkan pikiran ke hal-hal yang positif dan jangan fokus pada hal-hal yang membuat Anda sedih, kecewa, dan frustasi. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kegagalan yang membuat Anda frustasi, kemudian lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda bangkit kembali.

Selain melakukan berbagai cara di atas, Anda bisa melakukan hal-hal positif dan kreatif, seperti berolahraga, relaksasi, meditasi, bermain musik, menari, melukis, atau berlibur. Tetaplah tenang dalam menghadapi setiap masalah Anda. Ketika emosi mulai memuncak, tarik napas dan hembuskan napas secara perlahan sambil memikirkan hal-hal yang positif atau sisi-sisi positif dari hal yang sedang Anda alami.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola rasa frustasi, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater. Ingat, Anda memang dapat menghindari kegagalan yang menyebabkan munculnya rasa frustasi dalam hidup, tetapi Anda dapat belajar mengelolanya.