Header Ads

Header ADS

6 Jenis Obat Alami untuk Mencegah Mabuk Perjalanan

 


Mabuk perjalanan adalah satu satu kondisi yang paling umum terjadi saat sedang melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara. Ketika mengalami mabuk perjalanan, Anda akan mengalami pusing, lemas, muncul keringat dingin, kulit nampak pucat, dan perut akan terasa mual bahkan sampai muntah.

Meskipun bukan kondisi medis yang serius, mabuk perjalanan memiliki dampak psikologis yang mendalam selama perjalanan. Bahkan orang-orang yang kerap mengalami mabuk perjalanan seringkali merasa malas melakukan perjalanan jauh karena mentalnya sudah takut untuk merasakan mabuk perjalanan lagi.

Tapi tenang, berikut ini ada beberapa obat mabuk perjalanan mujarab yang bisa Anda persiapkan sebelum berpergian jauh, terutama jika Anda ingin mudik.

Apa penyebab mabuk perjalanan?

Mabuk perjalanan bisa dialami ketika salah satu bagian dari sistem keseimbangan (saraf sensorik, mata, dan telinga bagian dalam) merasa bahwa tubuh kita bergerak, tetapi bagian lainnya tidak. Contohnya saat Anda melakukan perjalanan darat, mata memberitahu otak bahwa Anda sedang bepergian dengan kecepatan tinggi, tetapi telinga justru merasa jika Anda hanya duduk diam. Pertentangan antara indera inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

Selain itu, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan kondisi jalanan akan memperparah mabuk perjalanan yang Anda alami. Karena selama perjalanan Anda hanya dalam posisi diam dan tidak banyak bergerak, maka tubuh Anda akan dipaksa untuk terpapar aroma tersebut dalam waktu yang lama. Secara refleks, tubuh Anda akan berekasi untuk menolak. Reaksi tubuh ini biasanya memunculkan rasa mual dan pusing.

Beragam obat mabuk perjalanan yang alami

Jika Anda salah satu orang yang rentan mengalami mabuk perjalanan, berikut ini beberapa obat mabuk perjalanan alami yang bisa Anda persiapkan sebelum berpergian.

1. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang efektif meringankan efek mabuk perjalanan Anda. Anda bisa minum air rebusan jahe yang diberi tambahan madu ataupun gula satu jam sebelum melakukan perjalanan atau membawa bekal air rebusan jahe di dalam termos panas untuk diminum selama perjalanan.

Jika Anda tidak sempat untuk membuat air rebusan jahe, Anda bisa memotong jahe menjadi satu atau dua iris yang yang dibungkus ke dalam tisu. Aroma jahe ini akan memberikan efek rileksasi selama Anda melakukan perjalanan.

2. Peppermint

Mengunyah permen peppermint sebenarnya bisa membantu mengurangi rasa mual dan sakit kepala akibat mabuk perjalanan. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa mencoba setetes minyak aromaterapi peppermint di pergelangan tangan atau saputangan, lalu dihirup setiap kali Anda merasa mual dan pusing. Obat mabuk perjalanan ini juga cocok untuk balita.

3. Minyak kayu putih

Meskipun tidak semua orang menyukai bau minyak kayu putih karena aromanya yang menyengat, namun minyak ini bisa jadi senjata ampuh untuk mengatasi serangan mual dan pusing. Oleskan minyak kayu putih ke bagian leher, tengkuk, dada, dan perut agar tubuh Anda terasa lebih hangat dan rileks. Jika Anda tida suka bau minyak kayu putih, Anda bisa menggantinya dengan minyak lain yang juga mampu menghangatkan tubuh.

4. Teh

Selain jahe, minuman lain yang bisa meredakan mual dan pusing selama perjalanan adalah teh. Siapkan teh hangat yang rendah gula dalam sebuah termos kecil untuk menenangkan tubuh Anda dan mengurangi perasaan kelelahan selama perjalanan. Agar mendapatkan manfaat yang lebih, Anda bisa menggunakan teh chamomile dan menambahkan daun mint.

5. Accupressure

Anda bisa meletakkan 3 jari tangan di bawah lipatan pergelangan tangan. Letakkan ibu jari tepat di bawah ketiga jari tersebut, di tengah-tengahnya, tepat di antara dua otot tendon besar. Dengan ibu jari Anda, berikan tekanan pada tempat tersebut dan tahan selama beberapa waktu. Lakukan ini berulang-ulang sampai Anda merasa tenang. Ini adalah titik accupressure untuk mual dan bagi sebagian orang, cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan mabuk perjalanan.

6. Teknik pernapasan dalam

Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan menenangkan Anda dari gejala mabuk perjalanan. Caranya, tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungan. Setelah itu, hembuskan napas keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini tiga kali.

Sumber : hellosehat.com

No comments

Powered by Blogger.