Header Ads

Header ADS

Dinas Koperasi Sumbar: koperasi harus melek teknologi

 


Padang (ANTARA) - Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat mengatakan koperasi harus mengikuti perkembangan zaman terutama dalam pemanfaatan kemajuan teknologi.

"Teknologi berkembangan dengan pesat dan dunia saat ini sudah dalam genggam. Ini juga telah merambah ke perekonomian," Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Nazwir di Padang, Selasa.

Hal itu ia katakan saat Pelatihan Perkoperasian Kelompok Masyarakat yang digelar pada 4 hingga 7 Oktober 2021 di Padang.

Pemanfaatan teknologi ini, sebutnya selain untuk mengembangkan pasar, tapi juga mencari jaringan untuk menunjang produksi.

"Koperasi harus menciptakan jaringan dengan memahami kebutuhan pasar serta menciptakan jaringan sampai ke tingkat nasional. Dengan teknologi itu sebuah keniscayaan," ujarnya

Dalam kesempatan itu ia juga mengingatkan agar anggota koperasi menjalankan usaha yang sama agar lebih mudah dalam pengembangannya dan mampu bertahan.

"Anggota koperasi harus mengembangkan satu usaha atau kegiatan usaha yang sama serta kerjasama antar koperasi," katanya.

Dengan mengembangkan usaha yang sama akan mampu menekan biaya agar lebih efisien, kerja sama lebih bagus dan transportasi juga bisa ditekan minimal. Mulai dari bahan baku sampai ke pemasaran hasil usaha, sebutnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 90 peserta dari kelompok masyarakat dari tiga kabupaten/kota di Solok Raya, yakni Kota Solok Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan ini juga berasal dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumbar, Mario Syah Johan.

Kepala UPTD BPLK Sumbar, Yusran Ace mengatakan peserta pelatihan diharapkan mampu memahami tentang organisasi koperasi, manajemen, legalitas dan administrasi serta laporan keuangan dan pembagian penggunaan SHU koperasi. (*)(SUMBER : ANTARA)

No comments

Powered by Blogger.