Header Ads

Header ADS

Payakumbuh Botuang Festival Digelar 13-15 Juli 2023

 

Payakumbuh Botuang Festival yang sempat vakum akibat Covid-19, bakal kembali dilaksanakan pada 13-15 Juli. Kegiatan ini akan digelar di Kawasan Batang Agam.

Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan bahwa Payakumbuh Botuang Festival ini masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2023.

"Kita patut berbangga, karena di Sumbar hanya empat daerah yang mendapatkan iven Kharisma Event Nusantara ini. Dan kita (Payakumbuh) menjadi yang pertama," ujar Rida dikutip dari rilis Pemko Padang pada Sabtu (8/7/2023).

Ia mengharapkan agar iven nasional ini mampu menarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah untuk datang ke Payakumbuh. Selain itu, iven ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Payakumbuh.

Kadisparpora Kota Payakumbuh Nofriwandi mengungkapkan bahwa nanti Botuang Festival ini akan dikelompokkan menjadi Botuang Music Performance dan Botuang Heritage dan akan diikuti oleh musisi kenamaan nasional dan musisi lokal.

"Untuk Botuang Music Performance akan diisi oleh penampilan penggiat seni nasional dan lokal yang akan menampilkan Botuang Music Instrument, pertunjukan seni tradisi, Dramatisasi puisi dan Penampilan artis nasional," bebernya.

Sedangkan Botuang Heritage terang Nofriwandi, akan ditampilkan botuang sebagai warisan leluhur yang bisa digunakan dalam berbagai fungsi dan manfaat. Seperti Marandang Jo Botuang, Manyurek di Botuang, Home Decor Botuang, Marakik Layang-layang, Enggrang, Bodia-bodia Botuang, Barakik-rakik dan Malenggok Botuang.

Sama dengan Rida, Nofriwandi mengharapkan dengan telah menjadi iven nasional, Payakumbuh Botuang Festival dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Payakumbuh dan bakal berdampak kepada perekonomian.

Sumber : langgam.id

No comments

Powered by Blogger.