Header Ads

Header ADS

Surganya Air Terjun di Sumatra Barat

 

Siapa sangka di Sumatra Barat terdapat daerah yang dijuluki Nagari 1001 air terjun. Nagari yang berada di kaki gunung Singgalang dan Gunung Tandikek ini lebih dikenal dengan nama Malalak, yang terdapat di Kabupaten Agam. Masyarakat kerap menjuluki Malalak sebagai surganya air terjun di Sumatra Barat, karena ada belasan air terjun di kawasan ini.

Di Sumatra Barat sendiri penyebutan air terjun cukup beragam, seperti burai-burai, sarasah, dan langkuik. Dan inilah beberapa air terjun yang ada di kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. 

1.Langkuik Tinggi

Air terjun ini berada di Jorong Nyiur, Kanagarian Malalak selatan, Kabupaten Agam. Berada di tengah hutan, rute air terjun ini cukup bervariasi namun sangat cocok bagi kamu yang jiwa petualang.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan tebing yang sangat tinggi dan menawarkan pemandangan yang memanjakan mata.

2.Langkuik Tamiang 

Air Terjun ini juga berada di Jorong Nyiur, Malalak Selatan, Kabupaten Agam. Air terjun ini terbilang unik, karena debit airnya kecil – kecil namun membentuk seperti tirai. Tempatnya yang mempesona dan pemandangannya bikin sejuk mata, dan berada di tengah hutan, air terjun ini sangat rekomendasi bagi mereka yang suka bertualang.

3. Burai Burai Indah 

Berlokasi di Kecamatan Malalak barat, Kabupaten Agam, Air terjun masih belum begitu populer namun sudah cukup banyak pengunjung yang bertualang kemari.

Setidaknya butuh waktu sekira 45 hingga 60 menit alanan kaki untuk mencapai air terjun ini. namun semua tidak akan terasa karena indahnya pemandangan alam sekitar yang dikelililingi dedaunan hijau serta ladang dan sawah warga.

4. Air Terjun Sungai Janiah. 

Air terjun ini juga dikenal dengan sebutan Burai Burai Batingkek dan terdapat di Jorong Bukik Malanca, Kanagarian Toboh, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. Akses menuju air terjun ini cukup terbilang mudah. Begitu sampai di Jorong Bukik Malanca, pengunjung cukup menyusuri sungai di sisi jalan raya selama 30 menit.

Air Terjun ini memiliki 3 tingkat dengan ketinggian yang berbeda-beda, yang mana tingkat satu dan dua saling berdekatan dan memiliki ketinggian dua dan empat meter. Sedangkan air terjun utamanya berjarak 100 meter dari tingkat 1 dan 2, serta memiliki ketinggian mencapai 30 meter.

5. Burai Burai Luhuang 

Air Terjun ini juga termasuk salah satu yang kurang dikenal, karena letak nya cukup tersembunyi di Kanagarian Malalak Timur, Kabupaten Agam. Burai Luhuang memang tidak setenar Langkuik Tinggi meskipun letak mereka tak begitu berjauhan.

Air terjun ini memiliki debit air yang sedang dari atas sehingga berdiri dibawahnyapun tidak jadi masalah. Akses air terjun ini juga cukup mudah, hanya memerlukan sekitar 20 menit dengan jalur yang terbilang mudah dan datar.

Sumber : padangkita.com

No comments

Powered by Blogger.