Header Ads

Header ADS

Rakernas Apeksi 2022 di Padang, Dibuka oleh Menteri, Dihadiri oleh Walikota Se Indonesia.

 

Sebanyak 95 orang wali kota menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022, Senin (8/8/2022). Rakernas Apeksi 2022 ini berlangsung di ballroom Padang Convention Centre, Hotel Truntum Padang.

Dua menteri Republik Indonesia dijadwalkan hadir dalam pembukaan Indonesia City Expo (ICE) 2022 yaitu Menteri Dalam Negeri RI atau Mendagri, Tito Karnavian dan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan. Setelah pembukaan di Ballroom Padang Convention Centre Truntum Padang, kedua menteri tersebut juga hadir dalam pembukaan ICE 2022.

Ribuan warga juga diprediksi bakal memadati arena Indonesia City Expo (ICE) 2022 di RTH Imam Bonjol, Kota Padang. Ajang ini mulai digelar dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi 2022).

Eksebisi tersebut menghadirkan produk unggulan dari berbagai kota di nusantara. Ada juga produk dari pelaku UMKM. Masyarakat pun mulai berdatangan ke arena ICE 2022. Mereka ingin melihat stand yang menjadi bagian acara Rakernas Apeksi 2022 Padang.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Padang, Edi Hasymi memastikan bahwa masyarakat bisa datang ke arena ICE 2022. Apalagi pengunjung yang masuk tidak dipungut biaya sehingga bisa melihat stand yang ada di sekitar lokasi eksebisi.

Eksebisi dalam rangkaian Rakernas Apeksi 2022 memiliki 93 stand yang menyebar di beberapa tenda ukuran besar. Jadi selain di dalam tenda, ada juga di bagian luar tenda stand UMKM, jumlahnya belasan. Puluhan stand di dalam tenda itu merupakan standa pemerintah kota dari berbagai wilayah di Indonesia. Ia menyebut bahwa di areal tersebut menampung hingga 3.000 pengunjung.

Selain itu, Pantai Purus juga bakal menjadi venue atau lokasi sejumlah agenda dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia. Adapun kegiatan yang diadakan di Pantai Purus ini adalah kegiatan gowes, pawai budaya, marandang dan membuat teh talua.

Agenda kegiatan ini akan berlangsung pada Selasa (9/8/2022) mendatang. 022 Padang dimulai dari gowes para wali kota dari sejumlah daerah di nusantara. Mereka memulai gowes dari Hotel Santika Premiere di Jalan Ahmad Yani. Para wali kota melintasi sejumlah ruas jalan menuju Pantai Purus.

Lokasi itu tidak cuma menjadi titik akhir gowes. Ada agenda lanjutan yakni marandang dan membuat teh talua. Jadi setelah melaksanakan gowes, para wali kota yang ikut kegiatan bakal lanjut marandang dan membuat teh talua.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Eri Sanjaya mengatakan, pada agenda ini para wali kota dari berbagai daerah di Indonesia akan mengolah daging menjadi rendang. Mereka juga berkesempatan membuat minuman khas, teh talua.

Ada panggung utama berada di lokasi yang menjadi. Ada juga pawai budaya berlangsung di sekitar Pantai Purus pada Selasa malam. Posisi panggung tidak jauh dari Danau Cimpago.

Eri mengatakan bahwa kegiatan berlangsung di sekitar kawasan itu. Ia menyebut bahwa jumlah peserta kita batasi karena memang masih dalam kondisi pandemi covid-19.


Sumber : tribunnews.com

No comments

Powered by Blogger.